Satlantas Kudus Giat Putar Balikkan Kendaraan Luar Daerah

Satlantas Polres Kudus getol memutarbalikkan kendaraan berpelat nomor luar kota yang dicurigai ditumpangi oleh pemudik.

Satlantas Kudus Giat Putar Balikkan Kendaraan Luar Daerah Kasat Lantas Polres Kudus AKP Galuh Pandu Pandega Ferdiansyah didampingi Kepala Dinas Perhubungan Kabupaten Kudus Abdul Halil menghentikan mobil berpelat nomor luar kota di Terminal Induk Jati Kudus, Jawa Tengah, Senin (27/4/2020). (Antara-Akhmad Nazaruddin Lathif)

Semarangpos.com, KUDUS — Satuan Lalu Lintas Polres Kudus giat memutarbalikkan kendaraan yang dicurigai ditumpangi pemudik. Indikasinya kendaraan yang jadi sasaran aksi Satlantas Polres Kudus itu adalah kendaraan berpelat nomor luar kota.

Setiap kendaraan dengan pelat nomor luar kota yang hendak memasuki wilayah Kabupaten Kudus, Jawa Tengah diminta putar balik. Bukan hanya mengerahkan jajaran Satlantas Polres Kudus, namun dilengkapi jajaran Dinas Perhubungan.

Menurut Kasat Lantas Polres Kudus AKP Gluh Pandu Pandega di sela-sela mengunjungi Posko Covid-19 di Terminal Induk Jati Kudus, Senin (27/4/2020), jumlah kendaraan pemudik yang diminta putar balik sudah 50-an unit kendaraan. “Kendaraan yang diminta putar balik merupakan kendaraan dari luar kota yang juga termasuk dari daerah zona merah virus corona,” ujarnya.

Ikuti Pasar Salatiga, Pasar Bintoro Demak Lakukan Penerapan Jarak

Setelah mendapatkan penjelasan, klaim dia, sejumlah warga yang diputarbalikkan itu akhirnya memahami. Alasan kondisi sekarang yang terjadi di beberapa daerah di Tanah Air diklaimnya membuat mereka maklum.

Ia mengingatkan masyarakat yang berada di luar kota jangan pulang terlebih dahulu, atau tetap tinggal di rumah masing-masing. “Bagi Anda yang masih berada di Jakarta atau kota sekitarnya, silakan sementara waktu tetap bertahan demi mencegah potensi penularan virus corona,” ujarnya.

Pagi, Siang, & Sore

Jika hendak bersilaturahmi, kata dia, masih bisa memanfaatkan telepon selular atau media sosial. Pengecekan kendaraan dari luar kota akan digelar pagi, siang, dan sore. Hal ini, kata dia, sebagai upaya mencegah penyebaran virus corona.

Ada Sosok Baik Hati Penunggu Rumah Harta Karun Semarang

Kendaraan yang melintasi Kudus diimbau untuk terlebih dahulu masuk ke Terminal Induk Jati Kudus, kemudian dilakukan pemeriksaan dan penyemprotan dengan cairan disinfektan. Ketika berasal dari zona merah, pemudik diminta untuk putar balik.

Sementara itu, Kepala Dinas Perhubungan Kabupaten Kudus Abdul Halil mengatakan bahwa hingga saat ini pemudik yang merupakan warga Kudus ada 1.200 orang yang terhitung sejak akhir bulan Maret 2020 hingga sekarang.

Jumlah pemudik, kata dia, terlihat mulai menurun karena sebelumnya juga sudah banyak yang berdatangan.

KLIK dan LIKE di sini untuk lebih banyak berita Semarang Raya

Get the amazing news right in your inbox

Berita Terpopuler

0 Komentar

Belum ada komentar, jadilah yang pertama untuk menanggapi berita ini.

Tinggalkan Komentar

Anda harus logged in untuk kirim komentar.