Sekolah di Tegal Simulasikan KBM Tatap Muka New Normal

Era new normal atau normal baru saat pandemi Covid-19 disambut berbagai kalangan, tak terkecuali SMP Ihsaniyah Tegal yang menggelar simulasi tatap muka KBM.

Sekolah di Tegal Simulasikan KBM Tatap Muka New Normal Tangkapan layar video unggahan pengelol channel SMP Ihsaniyah Tegal di Youtube terkait simulasi KBM pada masa pandemi, Selasa (7/7/2020). (Youtube-SMP Ihsaniyah Tegal)

Semarangpos.com, TEGAL — Era new normal atau normal baru saat pandemi virus corona pemicu Covid-19 disambut berbagai kalangan. Tak terkecuali SMP Ihsaniyah Tegal di Jl. Sumbodro No. 14, Slerok, Kecamaran Tegal Timur, Kota Tegal, Jawa Tengah yang menggelar simulasi tatap muka kegiatan belajar mengajar alias KBM.

Pengelol channel SMP Ihsaniyah Tegal mengunggah video dokumentasi simulasi KBM tatap muka tersebut di Youtube, Selasa (7/7/2020). Simulasi itu digelar sebagai cara pengelola sekolah tersebut menyambut tahun pelajaran 2020/2021.

“SMP Ihsaniyah Tegal berkomitmen untuk selalu menerapkan protokol kesehatan demi pencegahan penyebaran pandemi Covid 19,” tulis pengunggah sebagai caption.

Kangen Purwokerto? Tempe Mendoan Mas Epung Bisa Jadi Obatnya…  

Pertama-tama, seluruh ruangan kelas disemprot disinfektan. Papan tulis, jendela, meja, lantai, dan sebagainya tidak boleh ada yang terlewat.

Selanjutnya, suhu para siswa dicek dengan menggunakan termometer tembak di dekat gerbang sekolah. Warga sekolah juga harus mengenakan masker dan tidak boleh bersalaman.

Para siswa kemudian diwajibkan mencuci tangan dengan keran yang dipasang pada tong berisi air. Selain itu, juga terdapat sabun cair di sekitar tong itu.

Tak Sembarangan, Hanya Mereka Yang Boleh Pakai Batik Kawung  

Sedangkan sepatu-sepatu diletakkan pada rak yang tersedia dekat pintu di luar kelas.

Siswa melaksanakan salat di kelas. Mereka membawa peralatan ibadah masing-masing, seperti sajadah, mukena, sarung, dan lainnya. Jarak antara kanan dan kiri dibatasi oleh satu meja.

Duduk Berselang-Seling

Tempat duduk siswa diatur secara berselang-seling. Sisi kanan, kiri, depan, dan belakang siswa tidak ditempati oleh siswa lain.

Maharani Shima, Ratu Kalingga Nan Tegas atau Ibu Nan Kejam?

Pada waktu istirahat, siswa mengeluarkan wadah bekal makanan dan minuman masing-masing. Sebelum makan, mereka kembali mencuci tangan.

Seorang siswi mencontohkan cara mencuci tangan yang benar. Dalam video itu dpaparkan terperinci tata caranya.

Pertama, membasahi tangan. Kedua, mengambil sabun dan menggosokkan kedua telapak tangan. Ketiga, menggosok kedua punggung tangan dan sela-sela jari tangan. Keempat, membersihkan ujung jari pada telapak tangan satunya. Setelah itu, membilasnya.

Sega Berkat, Makanan Khas Jateng Laris Manis di Jakarta

Namun, seorang siswi menyentuh masker ketika melepaskannya. Selain itu, ia mengusapkan kedua tangan ke wajahnya setelah berdoa.

Cara melepaskan masker yang benar ialah dengan memegang tali yang ada di belakang telinga atau kepala serta menjauhkannya dari wajah. Hal tersebut cukup sulit untuk dilakukan bagi perempuan berjilbab. Oleh karena itu, mereka dapat mencuci tangan lagi atau menggunakan hand sanitizer sebelum mengusap wajah dan makan.

Sebelum pulang ke rumah, siswa kembali mencuci tangan.

KLIK dan LIKE di sini untuk lebih banyak berita Semarang Raya

 

Get the amazing news right in your inbox

Berita Terpopuler

0 Komentar

Belum ada komentar, jadilah yang pertama untuk menanggapi berita ini.

Tinggalkan Komentar

Anda harus logged in untuk kirim komentar.