Wajib Coba Ayam Bakar Mak Gogok di Blora!

Kabupaten Blora bukan hanya dikenal sebagai penghasil kayu jati, namun juga memiliki koleksi karya kuliner populer ayam bakar di Warung Mak Gogok.

Wajib Coba Ayam Bakar Mak Gogok di Blora! Unggahan Youtube Ardnen Cruise mengenai Ayam Bakar Mak Gogok di Blora, Jawa Tengah, Selasa (23/6/2020). (Youtube-Ardnen Cruise)

Semarangpos.com, BLORA — Kabupaten Blora, Jawa Tengah bukan hanya dikenal sebagai penghasil kayu jati. Daerah itu juga memiliki koleksi karya kuliner populer yang wajib dicoba. Salah satu karya kuliner itu adalah ayam bakar di Warung Mak Gogok.

Kedai makan Ayam Bakar Mak Gogok tersebut berada di Jl. Genjahan, RT 004/RW 001, Desa Genjahan, Kecamatan Jiken, Kabupaten Blora, Jateng.  Karya kuliner ini cukup legendaris di Blora.

“Sudah dari tahun 1990,” ucap salah seorang pelayan warung dalam video Youtube Ardnen Cruise berjudul Istimewah!! Ayam Bakar Terenak di Blora, Selasa (23/6/2020).

Jin Bisa Sukai Manusia, Inilah 15 Ciri-Ciri Umum Korbannya…

Pengunjungnya pun tidak hanya dari Blora, melainkan juga dari kota-kota tetangga seperti Bojonegoro, Pati, Rembang, dan Semarang. Hal itulah yang membuat warung ini tidak pernah sepi pengunjung.

Setiap harinya warung ini mengolah sekitar 40 ekor sampai 50 ekor ayam untuk dibakar. Warung ayam bakar ini buka setiap hari mulai pukul 07.00 WIB sampai 17.00 WIB. Satu ekor ayam bakar di Mak Gogok ini dibandrol dengan harga Rp125.000.

Pemasakan Rumit

Proses pemasakan ayam bakar di kedai makan Mak Gogok ini cukup rumit dan membutuhkan waktu yang lama.

Ayam yang telah dipotong dan dibersihkan tanpa dibumbui terlebih dahulu langsung dipanggang di atas arang kayu hingga setengah matang. Kemudian ayam dipindahkan ke kuali untuk direbus di dalam bumbu selama kurang lebih 30 menit.

Sudikah Roro Jonggrang Nikah dengan Pembunuh Ayahnya?

Menggunakan ayam kampung. “Daging ayamnya tidak ulet karena menggunakan ayam kampung muda,” jelas Ardnen.

Rasa rempah yang padat. “Bumbunya meresap hingga ke dalam daging. Ayam bakar ini benar-benar mak pleketek jem jem waw waw,” tuntasnya.

Satu hal yang cukup unik dari penyajian ayam bakar ini adalah dipadukan dengan daun ubi jalar rebus dan sambal terasi. Cita rasa masakan rumahan yang pasti bakal membuat banyak orang ketagihan.

KLIK dan LIKE di sini untuk lebih banyak berita Semarang Raya

Get the amazing news right in your inbox

Berita Terpopuler

0 Komentar

Belum ada komentar, jadilah yang pertama untuk menanggapi berita ini.

Tinggalkan Komentar

Anda harus logged in untuk kirim komentar.