Zona Hijau, Positif Covid-19 di Salatiga Justru Tambah 4

Meski sudah dinyatakan zona hijau persebaran Covid-19 oleh laman Internet Bappenas, kasus positif Covid-19 di Salatiga tetap bertambah.

Zona Hijau, Positif Covid-19 di Salatiga Justru Tambah 4 Ilustrasi Covid-19. (Freepik)

Semarangpos.com, SALATIGA – Kasus Covid-19 di Kota Salatiga, Jawa Tengah (Jateng) kembali bertambah, Selasa (23/6/2020). Meski pun, Salatiga telah dinyatakan sebagai daerah zona hijau persebaran kasus Covid-19.

Dikutip dari situs web covid.bappenas.go.id, Selasa (23/6/2020), Salatiga saat ini telah dinyatakan sebagai zona hijau Covid-19. Hal itu menyusul angka potensi penularan atau reproduksi efektif (RO) Covid-19 di Kota Salatiga yang berada di bawah 1, atau tepatnya 0,870.

Kendati demikian, penambahan kasus positif di Kota Salatiga tetap terjadi. Bahkan per Selasa ada penambahan empat kasus positif Covid-19 di Salatiga.

Salatiga Zona Hijau Covid-19, Warga Tak Boleh Terlena!!!

“Empat kasus baru itu masing-masing perempuan usia 52 tahun dan laki-laki usia 52 tahun asal Kelurahan Sidorejo Kidul. Sedangkan dua lainnya, perempuan usia 40 tahun dan laki-laki usia 41 tahun dari Kutowinangun Kidul,” ujar Kepala Dinkes Kota Salatiga, Siti Zuraidah, Selasa sore.

Zuraidah mengungkapkan empat kasus baru itu diperoleh dari hasil swab test yang digelar di beberapa daerah yang dianggap rawan persebaran Covid-19.

“Dari hasil swab itu kita temukan pasien positif. Kita akan terus lakukan tes secara masif untuk mendeteksi penularan Covid-19. Harapan kami yang ditemukan segera bisa kita tangani dan penularan tidak meluas,” tutur Zuraidah.

Data reproduksi efektif (RO) Covid-19 Salatiga di situs web Bappenas yang menunjukkan zona hijau per 23 Juni 2020. (covid.bappenas.go.id)

Selain ada penambahan empat kasus positif Covid-19, Zuraidah juga mengumumkan adanya tiga pasien yang telah dinyatakan sembuh.

Dengan demikian, hingga saat ini total kasus positif Covid-19 di Salatiga mencapai 70. Perinciannya, 31 pasien masih dirawat, dan pasien sembuh mencapai 39 orang atau sekitar 55,71% dari total kasus.

Merapi Erupsi, 39 Desa di Magelang Diguyur Hujan Abu

“Selain penambahan pasien positif dan sembuh, kita juga mengumumkan adanya satu PDP yang meninggal dunia tadi malam [Senin, 22 Juni 2020]. PDP ini baru masuk rumah sakit tadi malam dan meninggal. Sebelumnya, dia pernah dirawat di Majenang. Hasil swab-nya belum diketahui,” tutur Zuraidah.

Jangan terlena

Sementara itu, Ketua Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Kota Salatiga, Yuliyanto, meminta masyarakat tidak terlena dengan status zona hijau Covid-19 yang tercantum dalam laman Internet resmi Bappenas.

Menurutnya, Salatiga belum sepenuhnya aman dari persebaran virus corona. Oleh karenanya, ia pun meminta masyarakat untuk tetap meningkatkan kewaspadaan dan selalu menerapkan protokol kesehatan pencegahan Covid-19.

“Memang kita masuk zona hijau. Tapi, jangan gegabah sehingga terbawa euforia. Kita tetap harus menerapkan protokol kesehatan untuk mencegah penularan Covid-19,” tutur Wali Kota Salatiga itu.

KLIK dan LIKE di sini untuk lebih banyak berita Semarang Raya

Get the amazing news right in your inbox

Berita Terpopuler

0 Komentar

Belum ada komentar, jadilah yang pertama untuk menanggapi berita ini.

Tinggalkan Komentar

Anda harus logged in untuk kirim komentar.