Salatiga Zona Hijau Covid-19, Warga Tak Boleh Terlena!!!

Lepas dari status zona merah, Kota Salatiga, Jawa Tengah (Jateng) masuk dalam klarifikasi zona hijau persebaran Covid-19 oleh Bappenas.

Salatiga Zona Hijau Covid-19, Warga Tak Boleh Terlena!!! Hasil tangkapan layar di laman Internet resmi Bappenas terkait status Salatiga sebagai zona hijau Covid-19. (covid.bappenas.go.id)

Semarangpos.com, SALATIGA — Kota Salatiga, Jawa Tengah (Jateng) telah lepas dari status zona merah kasus Covid-19. Daerah yang terletak di kaki Gunung Merbabu itu bahkan telah masuk dalam kategori zona hijau persebaran Covid-19.

Berdasarkan data yang tercantum di situs web covid.bappenas.go.id, per Senin (22/6/2020) reproduksi efektif (RO) atau potensi penularan Covid-19 di Salatiga saat ini berada di angka 0,557 atau di bawah 1.

Hal itu pun membuat Kota Salatiga masuk dalam kategori wilayah zona hijau Covid-19. Bahkan di situs web Bappenas itu, wilayah Kota Salatiga tidak lagi ditandai dengan warna merah, melainkan warna hijau.

Sepekan Nihil Kasus Baru, Jumlah OTG Covid-19 Salatiga Melonjak

Setidaknya ada tujuh wilayah di Jateng yang telah dinyatakan hijau. Selain Salatiga, enam kabupaten lainnya yakni Cilacap, Brebes, Banyumas, Purbalingga, Banjarnegara, dan Batang. Keenam daerah itu juga memiliki angka potensi penularan Covid-19 (RO) di bawah 1.

Lepasnya status zona merah di Salatiga ini kemungkinan tak terlepas dari tidak adanya penambahan kasus Covid-19 dalam kurun empat hari terakhir.

Hingga kini, total kasus Covid-19 di Salatiga berjumlah 66 kasus. Perinciannya, 30 pasien masih dirawat, dan 36 orang telah dinyatakan sembuh.

Wali Kota Salatiga, Yuliyanto, meminta masyarakat tidak terlena dengan status zona hijau itu. Ia meminta masyarakat untuk tetap meningkatkan kewaspadaan dan menerapkan protokol kesehatan demi mencegah penularan Covid-19.

Hidup di Kandang Sapi, Warga Salatiga Luput dari Bantuan Covid-19

“Memang kita masuk zona hijau. Tapi, jangan gegabah sehingga terbawa euforia. Kita tetap harus menerapkan protokol kesehatan untuk mencegah penularan Covid-19,” tutur Yuliyanto kepada Semarangpos.com, Senin (22/6/2020) petang.

Belum stabil

Yuliyanto pun berharap status zona hijau itu bisa terus dipertahankan. Salah satunya dengan cara menyadarkan masyarakat terkait betapa pentingnya menerapkan protokol kesehatan dalam aktivitas sehari-hari.

Ada Pasien Virus Corona Meninggal di Salatiga? Ini Kata Wali Kota…

“Tetap gunakan masker saat di luar rumah, terapkan jaga jarak, dan sering cuci tangan. RO yang kecil tidak boleh membuat kita terlena,” imbuhnya.

Senada disampaikan Dinas Kesehatan Kota Salatiga, Siti Zuraidah, yang menilai status zona hijau itu belum bisa menjadi patokan Salatiga aman dari Covid-19.

“Itu belum stabil. Masih bisa berubah. Kita tetap harus terus melakukan tracing, pemeriksaan swab maupun rapid test. Semoga saja tidak ada penambahan kasus baru. Kalau ada ya 1 atau 2 saja,” ujar Zuraidah.

KLIK dan LIKE di sini untuk lebih banyak berita Semarang Raya

Get the amazing news right in your inbox

Berita Terpopuler

0 Komentar

Belum ada komentar, jadilah yang pertama untuk menanggapi berita ini.