Batik Sekar Jagad Diyakini Bikin Pemakainya Memesona

Batik merupakan kain khas Indonesia yang memiliki corak dan motif beragam termasuk batik sekar jagad yang konon bisa bikin pemakainya memesona.

Batik Sekar Jagad Diyakini Bikin Pemakainya Memesona Batik motif sekar jagad diambil dari pinterest, Jumat (17/7/2020). (pinterest.com)

Semarangpos.com, SOLO — Rasanya tidak ada habisnya jika berbicara mengenai batik. Batik merupakan kain khas Indonesia yang memiliki corak dan motif beragam. Tak jarang dengan memakai batik, membuat seseorang terlihat lebih elegan. Begitupun dengan memakai batik sekar jagad yang konon bisa menarik perhatian, benarkah?

Batik sekar jagad merupakan batik yang banyak berkembang di Indonesia. Tidak seperti batik lain yang hanya ditemukan di daerah tertentu, batik ini ada di berbagai daerah di Indonesia. Batik motif ini bukan hanya berkembang di Solo dan Jogja yang terkenal sebagai sentra batik, namun juga terdapat di wilayah lain seperti Kebumen, Pamekasan, hingga Bali.

Di Dieng, Om Hao Bahas Cara Pembuatan Candi…

Batik sekar jagad terdiri dari dua kata penyusun yaitu kaart yang dalam bahasa Belanda berarti peta, dan jagad dalam bahasa Jawa yang artinya dunia. Makna dari kain ini bisa diartikan sebagai keanekaragaman dari seluruh dunia yang membentuk peta.

Jika dilihat dari motifnya, batik ini memang memiliki pola saling tumpuk yang terlihat seperti peta. Pola ini seolah-olah menggambarkan pulau-pulau di seluruh dunia.

Keindahan Dunia

Warna penyusun dari masing-masing ornamen pun beragam. Perpaduan ornamen itu membuat motif batik ini terlihat indah. Karenanya banyak yang menganggap bahwa batik sekar jagad melambangkan keindahan di seluruh dunia, sehingga saat seseorang memakai batik ini akan terlihat memesona dan dapat menarik perhatian orang banyak.

Namun, ada juga yang beranggapan bahwa sekar jagad berasal dari kata sekar yang dalam bahasa Jawa berarti bunga, dan jagad dalam bahasa Jawa berarti dunia. Sehingga batik ini seolah-olah menggambarkan beragam macam bunga yang tersebar di seluruh dunia.

Semarangker Ketemu Ini di Atap Gedung Berhantu

Teori ini pun bisa diterima sebab dalam pola batik yang saling bertumpuk di dalamnya terdapat corak yang berbeda-beda. Kebanyakan motif batik di Indonesia terdiri dari pola yang berulang, tetapi tidak dengan batik sekar jagad.

Dalam batik motif ini biasa tergambar berbagai macam bunga yang mengisi pola berbentuk seperti peta. Hal ini sejalan dengan teori yang mengatakan bahwa batik ini melambangkan keanekaragaman bunga yang ada di seluruh dunia.

KLIK dan LIKE di sini untuk lebih banyak berita Semarang Raya

Get the amazing news right in your inbox

Berita Terpopuler

0 Komentar

Belum ada komentar, jadilah yang pertama untuk menanggapi berita ini.

Tinggalkan Komentar

Anda harus logged in untuk kirim komentar.