Covid-19 di Temanggung Melonjak, Dua Hari Bertambah 96 Orang Positif

Persebaran Covid-19 di Temanggung, Jawa Tengah, mengkhawatirkan. Dua hari terakhir bertambah cukup signifikan 96 orang positif.

Covid-19 di Temanggung Melonjak, Dua Hari Bertambah 96 Orang Positif Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Temanggung, Suparjo. (Antara-Heru Suyitno)

Semarangpos.com, Temanggung – Persebaran Covid-19 di Temanggung, Jawa Tengah, mengkhawatirkan. Kasus positif Covid-19 di Kabupaten Temanggung dalam dua hari terakhir bertambah cukup signifikan 96 orang.

Hal itu dikatakan Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Temanggung, Suparjo. “Sejak Senin (8/6) malam kami sudah mendapatkan hasil dari swab yang kami kirimkan ke laboratorium ada 25 kasus yang positif,” katanya di Temanggung, Selasa (9/6) malam.

Pada Selasa, hingga pukul 20.00 WIB, kata dia, ada tambahan lagi 71 kasus sehingga dalam dua hari terakhir ada tambahan 96 kasus positif Covid-19 di Temanggung.

Persiapan Porprov Jateng 2022 di Pati Raya Jalan Terus

“Kami belum bisa memilah klaster mereka karena angkanya baru saja masuk jadi kita belum mengerti ini klaster apa saja, karena belum mencermati alamat mereka,” katanya.

Setelah Lebaran, Tim Gugus Tugas Percepatan Penanganan COVID Kabupaten Temanggung melakukan tes cepat kepada 5.054 orang. Hasilnya yang reaktif ada 703 orang, dari sejumlah tersebut yang sudah di-swab sebanyak 568 orang.

Namun, dari 568 orang yang telah dilakukan tes swab itu masih ada 100 yang belum keluar hasilnya. Menurut dia, tingginya angka itu semata-semata tim gugus tugas terus meningkatkan pelacakan, tes cepat, dan swab.

Ini Dia Alasan Jaka Poleng Jadi Pelindung Kabupaten Brebes

“Jadi kami secara agresif melakukan hal itu sebesar-sebesarnya. Tujuan kami supaya puncak kasus Covid-19 di Temanggung pada bulan Juni 2020. Nanti harapannya kalau kita sudah mencapai puncak kemudian diikuti dengan penurunan. Harapan kami di bulan Juli 2020 sudah menurun kasusnya dan pada saatnya bisa memasuki normal baru,” kata dia.

Belum Puncak

Suparjo memperkirakan saat ini belum puncak kasus. Masih ada yang belum keluar hasil swabnya. Dan dari yang positif ini belum dilacak kontak dekatnya semuanya.

“Baru kita lakukan tracking kemarin dan hari ini 137 orang yang reaktif ada 37 orang. Kemungkinan masih bertambah angka positifnya,” katanya.

Hidup di Kandang Sapi, Warga Salatiga Luput dari Bantuan Covid-19

Ia menuturkan langkah selanjutnya yang dilakukan adalah bagi yang positif Covid-19 akan diperiksa. Kemudian dipilah menjadi dua kelompok. Satu diisolasi di rumah sakit dan yang kedua dikarantina di luar rumah sakit.

Mereka yang masuk rumah sakit yang bergejala sedang sampai berat. Atau yang ada penyakit penyerta atau yang lanjut usia itu wajib di diisolasi di rumah sakit. Sedangkan lainnya yang tidak ada gejala dikarantina di BLK dan Gedung Pemuda.

Ia menyebutkan sejumlah kasus baru positif Covid-19 tersebut tersebar di sejumlah kecamatan. Antara lain tersebar di Kecamatan Temabarak 21 orang, Gemawang 17 orang, Ngadirejo 13, Kandangan 12 orang, dan Kecamtan Jumo lima orang.

Pandemi Covid-19, Belasan PRT di Semarang Dipecat

Total kasus positif Covid-19 di Temanggung sebanyak 160 orang. Sebanyak 31 orang di antaranya sudah dinyatakan sembuh dan satu orang meninggal.

Get the amazing news right in your inbox

Berita Terpopuler

0 Komentar

Belum ada komentar, jadilah yang pertama untuk menanggapi berita ini.

Tinggalkan Komentar

Anda harus logged in untuk kirim komentar.