Hewan Ternak Terjangkit Scabies Ditemukan di Kudus

Dinas Pertanian dan Pangan Kudus menemukan hewan ternak yang terjangkit scabies alias kudisan di pasar hewan di Kabupaten Kudus, Jateng.

Hewan Ternak Terjangkit Scabies Ditemukan di Kudus Petugas Dinas Pertanian dan Pangan Kudus memeriksa kesehatan hewan ternak untuk diberi label sehat di Pasar Hewan Mejobo Kudus, Selasa (28/7/2020). (Antara-Akhmad Nazaruddin Lathif)

Semarangpos.com, KUDUS — Dinas Pertanian dan Pangan Kudus menemukan hewan ternak yang terjangkit scabies di pasar hewan di Kabupaten Kudus, Jawa Tengah. Penyakit kulit serupa kudis itu ditemukan saat dilakukan pemeriksaan kesehatan hewan ternak menjelang Hari Iduladha.

“Hasil pemeriksaan kesehatan hari ini  kami menemukan satu hewan ternak kerbau yang menderita scabies serta ada kambing yang belum memenuhi usia untuk menjadi hewan kurban,” kata Kepala Bidang Peternakan Dinas Pertanian dan Pangan Kabupaten Kudus Agus Setiawan melalui Kasi Produksi dan Kesehatan Ternak Sidi Pramono.

Pernyataan itu ditemui Sidi Pramono di sela-sela memeriksa kesehatan hewan ternak di Pasar Hewan Mejobo, Kabupaten Kudus, Jate, Selasa (28/7/2020).

Batik Sawat Konon Menyeramkan Namun Bawa Berkah

Ia memberikan pembinaan kepada pedagang kerbau yang terjangkit scabies tersebut untuk tidak dijual terlebih dahulu. Terlebih lagi, kata dia, dijual untuk menjadi hewan kurban karena tidak layak dari sisi kesehatan hewannya.

Sementara itu, hewan ternak lainnya, hasil pemeriksaan kesehatannya cukup baik sehingga layak dijual untuk hewan kurban.

Label Sehat

Hewan ternak yang sudah dicek kesehatannya dan dinyatakan sehat serta bebas penyakit kemudian diberi label bertuliskan “sehat” dari Dinas Pertanian dan Pangan.

Ini Ciri-Ciri Warung dengan Ajian Pelaris Kata Youtuber

Pemeriksaan kesehatan hewan ternak memang rutin dilakukan, namun mendekati perayaan Iduladha mulai ditingkatkan. Peningkatan pemantauan kesehatan hewan ternak dimulai sejak awal bulan Juli 2020, guna mencegah kemungkinan masuknya penyakit berbahaya.

Jika ditemukan hewan ternak yang kurang sehat, selain diperiksa juga akan diberikan vitamin dan obat cacing.

Bagi masyarakat yang ingin memastikan kesehatan hewan ternak yang akan dijadikan kurban, dia mempersilakan mengajukan permohonan pemeriksaan kesehatan melalui surat Dinas Pertanian dan Pangan Kudus.

KLIK dan LIKE di sini untuk lebih banyak berita Semarang Raya

Get the amazing news right in your inbox

Berita Terpopuler

0 Komentar

Belum ada komentar, jadilah yang pertama untuk menanggapi berita ini.

Komentar Ditutup.