Tutup Iklan

Jumlah ODP di Salatiga Turun, Warga Diimbau Tetap Patuh

Pemerintah Kota (Pemkot) Salatiga pada Senin (30/3/2020) sore mencatat jumlah orang dalam pemantauan (ODP) turun dalam dua hari terakhir.

Jumlah ODP di Salatiga Turun, Warga Diimbau Tetap Patuh Ilustrasi ODP dan PDP virus corona atau covid-19. (Solopos-Whisnupaksa)

Semarangpos.com, SALATIGA — Jumlah orang dalam pemantauan (ODP) terkait virus corona atau covid-19 di Salatiga, Jawa Tengah turun dalam dua hari terakhir.

Pemerintah Kota (Pemkot) Salatiga pada Senin (30/3/2020) sore mencatat ada 174 ODP tersisa dari total 250 ODP yang ada. Sementara sejumlah 76 ODP dinyatakan selesai masa pemantauan.

Sehari sebelumnya atau Minggu (29/3/2020), Pemkot Salatiga mencatat ada 179 ODP tersisa dari total 249 ODP yang ada. Sebanyak 70 ODP di antara mereka telah selesai menjalani masa pemantauan.

Pengusaha Kuliner Semarang Mulai Dirugikan Pandemi Covid-19

Persebaran terbanyak ada di Kelurahan Mangunsari, Kecamatan Sidomukti dengan catatan 44 ODP. Kemudian Kelurahan Dukuh, Kecamatan Sidomukti dengan 40 ODP. Hanya Kelurahan Tingkir Lor, Kecamatan Tingkir dengan warganya belum berstatus ODP.

Walau begitu, pada Sabtu (28/3/2020), jumlah ODP terpantau sebanyak 147. Hal ini menunjukkan adanya peningkatan sejumlah 32 ODP dari Sabtu ke Minggu.

Minta Warga Patuh

Meskipun kini jumlahnya menurun, Pemkot Salatiga meminta warga tetap mematuhi imbauan. Bagi warga yang kembali dari perantauan ke Salatiga diharapkan dapat segera melapor kepada pemangku wilayah masing-masing.

“Para ketua RT dan RW juga kami minta untuk mendata warga yang baru saja datang di lingkungan masing-masing, terlebih jika pemudik datang dari daerah dengan transmisi lokal virus corona,” ujar Wakil Wali Kota Salatiga, Muh, Haris, Senin.

Musim Kemarau di Jateng Diprediksi Tiba Bulan Mei

Pendataan yang lebih tertib bisa menjadi langkah antisipasi terhadap persebaran virus tersebut. Namun, masyarakat diharapkan tetap tenang dan tidak panik.

Disiplin pendataan ini juga terkait masifnya peningkatan jumlah pemudik ke Salatiga. Meski belum mengantongi data jumlah total pemudik, Kepala Dinas Perhubungan, Sidqon Effendi, menyebut ada kenaikan sejak libur Hari Nyepi lalu.

Sementara itu, jumlah total pasien dalam pengawasan (PDP) di Salatiga per Senin sebanyak sembilan PDP. PDP kumulatif berjumlah 26 dengan 17 hasil laboratorium dinyatakan negatif. Dari 26 PDP tersebut, 13 di antara mereka berasal dari wilayah Salatiga dan sisanya luar Salatiga.

KLIK dan LIKE di sini untuk lebih banyak berita Semarang Raya

Get the amazing news right in your inbox

Berita Terpopuler

0 Komentar

Belum ada komentar, jadilah yang pertama untuk menanggapi berita ini.

Tinggalkan Komentar

Anda harus logged in untuk kirim komentar.