Pemprov Jateng Bagikan 1.000 Nasi Kotak ke Ojek Online, Ini Tujuannya…

Pemprov Jateng melakukan pembagikan nasi kotak untuk pengemudi ojek online yang terdampak wabah virus corona jenis baru (covid-19), Selasa (31/3/2020).

Pemprov Jateng Bagikan 1.000 Nasi Kotak ke Ojek Online, Ini Tujuannya… Pembagian nasi kotak kepada mitra ojek daring oleh Pemerintah Provinsi Jawa Tengah, Selasa (31/3/2020). (Antara-Humas Pemprov Jawa Tengah)

Semarangpos.com, SEMARANG — Pemprov Jateng, Selasa (31/3/2020), membagikan 1.000 nasi kotak ke pengemudi ojek dalam jaringan (daring) dari berbagai aplikasi. Pembagian makan siang bagi pengemudi ojek online itu dimaksudkan sebagai wujud kepedulian bagi pihak-pihak terdampak wabah virus corona jenis baru (covid-19).

Pembagian nasi kotak kepada para mitra ojek online itu dilakukan Pemerintah Provinsi Jawa Tengah dengan sistem pelayanan tanpa turun dari kendaraan (drive thru). Kegiatan itu dilakukan di depan Kantor Gubernur Jateng, Jl. Pahlawan, Kota Semarang.

Kegiatan sosial tersebut dilatarbelakangi adanya kebijakan pembatasan berbagai aktivitas masyarakat sejak beberapa hari lalu sebagai antisipasi meluasnya penyebaran covid-19. Kebijakan itu membuat pendapatan pengemudi ojek daring turun akibat minimnya orderan.

Bob Hasan Dimakamkan di Taman Makam Pahlawan Gatot Soebroto Ungaran

Selama pembagian nasi kotak, petugas berulang kali mengingatkan sejumlah orang agar tetap menjaga jarak minimal 1 m dan tidak bergerombol. Dalam waktu kurang dari satu jam, 1.000 nasi kotak pun habis dibagikan kepada para mitra ojek online oleh beberapa ASN dengan dibantu aparat TNI, Polri, dan Satpol PP.

Sepi Orderan

Salah seorang mitra ojek online, Agus Ali Mahmud, mengapresiasi pembagian nasi kotak ini karena sangat membantu dirinya. “Sekarang ini orderan minim karena perkantoran, sekolah, dan mal tutup sehingga pendapatan turun hingga 40% lebih,” katanya.

Anjar Farida, perempuan yang berprofesi sebagai pengemudi ojek online juga mengaku terpaksa tetap bekerja di tengah pandemi covid-19, meskipun sepi orderan. “Kondisi sekarang sangat susah, sehari paling hanya bisa dapat tiga trip, biasanya bisa 10 trip lebih,” ujarnya.

Sempat ke Ungaran, Pasien Positif Covid-19 Purwokerto Meninggal

Ia mengaku mendapat informasi pembagian nasi kotak ini dari grup Whatsapp di kalangan mitra ojek online. Informasi itu terbukti beredar luas dengan cepat yang terbukti dari segera ludesnya 1.000 nasi kotak yang disediakan Pemprov Jateng.

Kepala Biro Umum Setda Jawa Tengah Edy Supriyanta menjelaskan bahwa pembagian nasi kotak bagi mitra ojek online ini menggunakan sebagian anggaran dari APBD Pemprov Jateng dan sumbangan dari aparatur sipil negara (ASN) di lingkungan pemprov setempat.

“Harapannya ini dapat meringankan teman-teman ojol dan masyarakat yang membutuhkan, rencananya dilakukan selama dua pekan dan jumlahnya akan ditambah,” katanya.

KLIK dan LIKE di sini untuk lebih banyak berita Semarang Raya

Get the amazing news right in your inbox

Berita Terpopuler

0 Komentar

Belum ada komentar, jadilah yang pertama untuk menanggapi berita ini.

Tinggalkan Komentar

Anda harus logged in untuk kirim komentar.