Nikmati Uniknya Rasa Soto Klethuk Pak Galo di Blora

Soto khas, Kabupaten Blora, Jateng salah satunya adalah soto klethuk. Warung soto klethuk yang cukup kondang di Blora adalah Soto Klethuk Pak Galo.

Nikmati Uniknya Rasa Soto Klethuk Pak Galo di Blora Unggahan Youtube Ardnen Cruise mengenai soto klethuk di Kabupaten Blora, Jawa Tengah, Minggu (31/5/2020). (Youtube-Ardnen Cruise)

Semarangpos.com, BLORA — Di Indonesia setiap daerah memiliki karya kuliner soto yang khas, salah satunya di Kabupaten Blora, Jawa Tengah. Salah satu soto yang digemari wisatawan saat berkunjung ke Blora, yaitu soto klethuk. Warung soto klethuk yang cukup kondang di Blora adalah Soto Klethuk Pak Galo.

Lokasi warung soto tersebut berada di Jl. Sindoro, Tampelan, Kecamatan Blora, Kabupaten Blora Jawa Tengah. Warung Soto Klethuk Pak Galo ini buka setiap hari mulai jam 06.00 WIB–22.00 WIB.

Soal rasa, soto ini dari dulu hingga sekarang masih konsisten. Hal itu juga yang membuat orang datang lagi untuk menikmati kelezatan soto ini.

Kerap Cekcok dengan Pasangan Hidup? Inilah 9 Ciri-Ciri Sihir Perceraian

Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo dan juga penyanyi ibu kota Arman Maulana pernah mencoba soto klethuk di warung Pak Galo. Dilihat secara visual,  soto klethuk khas Blora ini tidak jauh berbeda dari soto pada umumnya.

Kuahnya bening tanpa santan seperti soto Semarang, dan juga ada tambahan telur layaknya soto Lamongan. Namun, ketika menyantap soto ini baru akan terasa bedanya, sensasinya seperti mengunyah kerikil.  Dan itulah yang menyebabkan soto ini dijuluki soto klethuk.

Dalam setiap porsi soto klethuk terdapat suwiran daging ayam, taoge, bihun rebus, telur ayam, taburan bawang goreng, dan yang paling penting adalah taburan klethuk dari singkong goreng.

Bawakan Nasi Jagung buat Ganjar, Bunga Salsabila Bawa Pulang Laptop

Klethuk terbuat dari ketela pohon yang dipotong kecil-kecil lalu digoreng. Klethuk menjadi taburan terakhir ketika hidangan soto disajikan. Teksturnya keras, namun mudah untuk dikonsumsi.

Aneka Lauk

Supaya makan soto semakin nikmat, jangan lupakan lauk tambahannya seperti tahu, tempe, perkedel, sate ampela, sate telur puyuh, dan perkedel.

Dalam channel Youtub Ardnen Cruise, Minggu (31/5/2020), terlihat satu mangkuk soto ini berisi klethuk, potongan telur ayam, suwiran ayam, bihun, taoge, kucai, dan taburan bawang goreng.

Baru 30% Rampung Dilukis, Mural di Purworejo Sudah Jadi Spot Selfie  

Rasa manis mendominasi soto ini. “Rasanya enak dan manis dari kecap sangat terasa. Sensasinya makan soto ini adalah kriuk-kriuk dari kletuk,” ucap Ardnen.

Porsi yang tidak terlalu banyak. “Menurut saya porsinya sedikit, tapi ini sangat cocok untuk sarapan,” jelasnya

Harga seporsi soto klethuk murah meriah. Dengan uang senilai Rp10. 000 saja kita bisa menikmati satu mangkuk soto klethuk.

KLIK dan LIKE di sini untuk lebih banyak berita Semarang Raya

Get the amazing news right in your inbox

Berita Terpopuler

0 Komentar

Belum ada komentar, jadilah yang pertama untuk menanggapi berita ini.

Tinggalkan Komentar

Anda harus logged in untuk kirim komentar.