Batik Slobog Antarkan Doa bagi Jenazah

Batik memiliki banyak kegunaan sesuai motif yang terkandung di dalamnya, termasuk desain bermotif slobog yang mengantarkan doa bagi jenazah.

Batik Slobog Antarkan Doa bagi Jenazah Batik slobog diambil dari  laman info batik, Rabu (22/7/2020). (infobatik.id)

Semarangpos.com, SOLO Batik memang memiliki banyak kegunaan. Kegunaan batik disesuaikan dengan motif yang terkandung di dalamnya, termasuk desain bermotif slobog.

Batik tradisional utamanya batik Solo dan Jogja selalu memiliki makna di balik pembuatannya. Kain batik didesain untuk mewakili kehidupan manusia sejak dalam kandungan hingga kembali ke hadapan Tuhan. Batik slobog menjadi kain yang mengantarkan manusia ke alam barunya.

Batik yang dihasilkan selalu memiliki aturan dalam pemakaiannya. Memang aturan penggunaan batik  tidak selalu tertulis, namun motif yang terkandung di dalamnya seakan memberi batasan penggunaan batik itu sendiri.

Heboh Kejar-Kejaran dalam Legenda Timun Mas

Batik dibuat oleh penciptanya sebagai gambaran siklus kehidupan manusia. Selalu ada motif batik yang melambangkan setiap tahapan kehidupan manusia mulai dari dalam kandungan hingga kembali kepada Sang Pencipta.

Batik slobog merupakan batik yang mewakili salah satu tahapan hidup manusia. Batik asal Solo ini digunakan untuk menghantarkan jenazah ke tempat peristirahatan terakhirnya.

Berarti Longgar

Batik slobog diambil dari bahasa Jawa lobok yang memiliki arti longgar. Batik ini memiliki motif geometris. Motif batik ini berbentuk kotak-kotak yang dipisah oleh dua garis sehingga membentuk empat potongan segitiga. Pada salah satu sisi motif yang terpisah garis terdapat bulatan yang dikelilingi enam titik kecil.

Dalam buku Memahami Busana Adat Keraton Yogyakarta, batik slobog digunakan orang keraton untuk menutup jenazah atau petinya. Penggunaan batik ini bertujuan agar jenazah tidak mengalami kesulitan saat menghadap Tuhan.

Mi Kopyok Karya Kuliner Khas Kota Semarang

Kepercayaan ini dipengaruhi oleh prinsip keagamaan bahwa setelah kematian seseorang masih ada kehidupan lain yang harus dipertanggungjawabkan. Selain itu, batik slobog juga sering dipakai oleh pelayat dalam upacara pemakaman.

Pemakaian ini digunakan sebagai rasa bela sungkawa. Pelayat mengharapkan agar arwah dapat menghadap kehadirat Tuhan dengan lancar dan diberi kemudahan. Motif batik ini juga sebagai bentuk doa untuk keluarga yang ditinggalkan dapat tabah dan sabar menghadapi cobaan.

Sebagian orang juga menggunakan batik slobog dalam upacara pelantikan jabatan. Batik ini melambangkan harapan agar selalu diberi petunjuk dan kelancaran dalam menjalankan tugas dan tanggung jawabnya.

KLIK dan LIKE di sini untuk lebih banyak berita Semarang Raya

Get the amazing news right in your inbox

Berita Terpopuler

0 Komentar

Belum ada komentar, jadilah yang pertama untuk menanggapi berita ini.

Tinggalkan Komentar

Anda harus logged in untuk kirim komentar.